Posted by : Candra Kamis, 19 Juli 2012

Assalamulaikum Wr. Wb.

sudah lama gk psting sekarang saya akan posting mengenai custom rom

Bagi pengguna android yang suka oprek oprek android pasti tidak asing lagi dengan kata custom rom, tapi bagi yang lainnya mungkin bertanya tanya apa itu custom rom

yang dimaksud dengan custom rom adalah file system firmware perangkat baik berupa handphone, tablet maupun PC yang OS sudah di kostumisasi oleh developer pihak ke 3 dengan tujuan tertentu dan dengan mengubah firmware resmi-asli (Stock ROM ) bawaan vendor perangkat tersebut.
Tidak terkecuali pada perangkat berbasis android, firmware pada android juga dapat dimodifikasi, oleh sebab itu dinamakan dengan android mod (android modification) atau yang lebih dikenal dengan sebutan custom ROM. Sebenarnya ROM sendiri artinya adalah Read Only Memory, tetapi ketika digunakan dalam komunitas modding android maka artinya menjadi custom OS image yang di install kedalam area ROM didalam HP.
Dalam custom ROM tentu saja anda tidak asing dengan kernel, kernel sering disebut dalam custom rom adalah jantung dr OS, kernel merupakan barebone dari komponen didalam sebuah OS. Sebuah custom ROM adalah sebuah versi OS yg berdiri sendiri, didalam custom ROM sudah termasuk kernel, apps, service, driver, etc. Semua sudah termasuk yang digunakan untuk menjalankan sebuah perangkat HP, bedanya hal ini di kostumisasi oleh seorang developer (atau team) bukan dari perusahaan pembuat perangkat atau yang dikenal dengan sebutan vendor.
Custom ROM dalam kostumisasi berarti merubah, mengganti, menghilangkan sebagian ato seluruh bagian, melakukan optimalisasi, menambah, dan melakukan berbagai hal yg mereka bisa rubah dari stock ROM standart.
Macam macam Custom rom banyak diantaranya
creed's rom


CyanogenMod 

dan lain lain

Kelebihan Custom Rom
-Fitur ponsel tsb bertambah seperti statusbar transparan, setting transparan dll.
-Biasanya custom rom sudah di OverClock yang membuat prosesor cepat
-Banyak lagi

Kekurangan Custom Rom
-Beberapa custom rom Mungkin Mempunyai Bug (kamera tidak bisa,sinyal gk bisa dll.)
-Garansi Hilang (Bisa kembali setelah di flashing)
-Salah saat instal bisa mengakibatkan hp mati total

sekian wassalamualaikum wr. wb

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Clock

Translate

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © ____________Simple Blog____________ -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -